Sabtu, 10 Maret 2012

Bahasa Tubuh Yang Bisa Merusak Karir Kamu Di Kantor


Bahasa tubuh biasanya lebih efektif untuk mengungkapkan perasaan daripada kata-kata. Namun, salah pergerakan dalam bahasa tubuh bisa berdampak negatif, misalnya menimbulkan persepsi yang tidak baik.

Jadi saat di kantor, sebaiknya Anda menunjukkan bahasa tubuh yang mencerminkan kepercayaan diri dan profesionalisme. Salah menunjukkan bahasa tubuh, bisa merusak karir dan menimbulkan kesalahpahaman antar rekan kerja. Seperti dilansir idiva, ada lima kesalahan umum dalam menggunakan bahasa tubuh di kantor yang harus Anda hindari.

1. Menghindari Kontak Mata
Saat rekan kerja atau atasan berbicara dengan Anda, yang harus dilakukan adalah menatap matanya. Karena jika Anda menghindar kontak mata, menunjukkan bahwa Anda tidak memperhatikan lawan bicara. Begitupun sebaliknya, jika Anda yang berbicara dengan orang lain baik itu rekan kerja, atasan di kantor atau relasi, sebaiknya berbicara dengan menatap mata mereka. Tatapan mata akan menunjukkan kalau Anda percaya diri.

2. Gelisah
Kegelisahan biasanya datang dari persepsi kita sendiri, baik itu karena takut akan kegagalan dalam bekerja atau salah mengerjakan tugas. Tanda-tanda kegelisahan biasanya ditunjukkan dengan menggigit-gigit kuku tangan atau menggoyangkan kaki. Melakukan kebiasaan tersebut saat gelisah, dapat membuat orang yang berada di sekeliling Anda risih. Untuk itu hindarilah kebiasaan tersebut dan mulailah untuk berpikir positif.

3. Membungkuk
Apabila Anda membungkuk saat sedang duduk maupun berdiri, akan menggambarkan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh dan terlalu santai. Jadi hindari kebiasaan membungkuk dan mulailah untuk selalu berdiri dan duduk dengan tegak. Selain dianggap sebagai orang yang berwibawa, Anda juga menunjukkan sosok pekerja yang profesional.

4. Mimik Wajah Negatif
Terkadang mimik wajah selalu lepas kendali jika mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan, misalnya pada saat sedang pusing, mengantuk atau minum-minuman yang terlalu panas. Oleh karena itu
belajarlah untuk selalu mengendalikan mimik wajah Anda dan berusaha untuk selalu tersenyum saat menyapa rekan kerja di kantor. Selain dianggap sebagai orang yang ramah dan menyenangkan, orang juga akan betah berada di dekat Anda.

5. Terlalu Banyak Gerakan Tangan
Saat sedang berbicara, melakukan presentasi dan menjelaskan sesuatu, salah satu bahasa tubuh yang mendukung adalah pergerakan tangan. Namun, terlalu banyak menggerakkan tangan juga dapat lawan bicara tidak nyaman. Terlalu sedikit juga menjadi terlihat kaku dan membosankan. Oleh karena itu, pastikan pergerakan tangan yang dilakukan cukup dan tidak terlalu berlebihan.

sumber: wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM