Sabtu, 31 Maret 2012

Wanita Pertama Yang Menjadi Wasit Pada Liga Inggris


Sejarah sepak bola pecah pada Februari 2010 lalu. Saat itu berlangsung pertandingan Liga Inggris antara Coventry melawan Nottingham Forest. Dalam pertandingan itu Coventry unggul 1-0 atas lawannya.

Saat pertandingan berjalan terjadi insiden yang membuat wasit Tony Bates terluka. Akibatnya, 20 menit menjelang pertandingan berakhir terjadi pergantian wasit. Sosok yang terpilih untuk menggantikannya ternyata seorang perempuan bernama Amy Fearn. Kemunculannya memang mengundang kontroversi, tapi dia telah menjadi perempuan pertama yang menjadi wasit di Liga Inggris.

Harian The Sun menuliskan bahwa di awal pertandingan, Fearn berperan sebagai hakim garis. Dalam beberapa kesempatan, dia memang pernah mengungkapkan keinginannya untuk memimpin pertandingan. “Ini pasti sangat menyenangkan,” kata Fearn seperti dikutip harian tersebut.

Mantan pemain Arsenal, Perry Groves terlihat kurang suka dengan turunnya perempuan memimpin pertandingan. Menurut dia, perempuan adalah sosok yang cenderung tidak kondisten. Padahal, permainan sepak bola memerlukan penegakan aturan yang konsisten dari menit ke menit.

Selain itu, dia juga meyakini bahwa kebanyakan pemain tidak akan percaya dengan kepemimpinan wasit perempuan di lapangan. Mereka meyakini bahwa sang wasit itu tidak terlalu banyak memahami denyut sepak bola.

Jika Fearn menjadi perempuan pertama yang menjadi wasit di Liga Inggris, Francis Marindin menjadi wasit paling melegenda di jagad sepak bola negara tersebut. Dia lahir tahun 1838 dan sebelumnya belajar menjadi insinyur.  Sebelum menjadi wasit, dia juga menjadi pemain bola untuk Klub Royal Engineers. Klub ini berhasil masuk Liga Inggris tahun 1872. Francis Marindin meninggal tahun 1900.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM