Minggu, 13 Mei 2012

Tips Sebelum Memulai Bisnis Laundy Kiloan

Peluang Bisnis Laundry Kiloan
Jika kita tinggal di kota besar, kita bisa lihat bisnis laundry kiloan menyebar dimana-mana. Bahkan kalau kita lihat di kota yang banyak terdapat universitas ( Jogja, atau Solo Misalnya ), bisnis ini sudah menjadi bisnis rumahan yang bisa ditemukan hingga di gang-gang kecil. Sebenarnya, bagaimana sih potensi bisnis laundry kiloan? Masihkah menguntungkan? Apa sajakah kendalanya?

Dulu, jaman saya kecil yang namanya laundry adalah barang mewah yang tidak terjangkau oleh masyarakat umum. Tetapi sekarang ini sepertinya laundry sudah merakyat. Mahasiswa yang identik dengan kantong pas-pasan (tidak semua) pun banyak yang sudah malas mencuci sendiri. Sebenarnya budaya masyarakat yang berkembang seperti inilah yang menjadi peluang bagi pengusaha laundry kiloan. Dengan modal yang relatif kecil, mudah, dan pasar yang luas menjadi faktor penunjang bertumbuhnya bisnis ini.
Peluang yang menjanjikan  itu bukan berarti akan datang tanpa kendala. Nah, Sebelum anda memutuskan untuk memulai bisnis ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.
Kesan yang timbul pada masyarakat adalah pakaian yang dilaundry hanya wangi saja, kebersihannya kurang.  Jika anda bisa meyakinkan konsumen kalau laundry di tempat usaha anda tidak hanya wangi, kemungkinan besar anda bisa menguasai pasar. Saya pernah menemukan laundry yang sebelum masuk mesin cuci akan mereka periksa dulu tingkat kotornya. Kalau memang sangat kotor, maka mereka akan menyikat pakaian secara manual dulu sebelum memasukkan pakaian dalam mesin cuci. Ini akan membuat hasil cucian lebih bersih.
Pastikan kebutuhan air dan listrik  memenuhi syarat. Bisnis ini sangat tergantung pada air, dan listrik. Salah satu saja tidak tercukupi, maka bisnis anda berhenti.  Air yang saya maksud disini bukan hanya suplai airnya saja, tetapi pastikan juga saluran pembuangan air lancar.
Hati-hati dengan musim hujan. Musim hujan adalah peluang bagus bagi usaha ini. Orang akan malas mencuci sendiri, karena akan sulit menjemur cucian. Nah, ini akan menjadi pemicu laundry anda diserbu konsumen.  Sebenarnya sama seperti konsumen, bisnis laundry pun akan kesulitan jika musim hujan. Mesin pengering tidak mampu mengeringkan sampai 100 persen bukan? Disini anda dapat menyiapkan tempat penjemuran didalam ruangan. Untuk mempercepat pengeringan dapat anda gunakan lampu atau kipas angin.
Pilih mesin cuci sesuai kebutuhan. Mesin cuci ada beberapa pilihan kapasitas. Jika anda menjanjikan pada konsumen untuk tidak mencampur pakaian dengan pakaian orang lain, maka pilihlah mesin cuci berkapasitas relatif kecil. Biasanya, jika laundry menjanjikan hal ini maka akan diberlakukan batas minimal laundry. Misal, minimal laundry 5 kg. Jadi jika cucian konsumen 3 kg akan tetap diberlakukan hitungan 5 kg. Ini dilakukan supaya mesin anda tidak hanya mencuci sedikit pakaian sekali bekerja.
Demikian beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan sebelum anda memulai bisnis rumahan laundry kiloan. Semoga sukses bersama anda.


sumber: http://argo.web.id/2012/baca-ini-sebelum-anda-memulai-bisnis-laundry-kiloan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM