Minggu, 20 Mei 2012

Hiriko, Mobil Unik Yang Bisa Dilipat

Mencari tempat parkir sering kali jadi masalah pelik yang rasanya banyak dialami oleh para pemilik kendaraan khususnya para pemilik mobil, terutama di kawasan perkotaan yang padat. Atas dasar inilah kemudian Sebuah mobil listrik berukuran mikro (electric microcar) kemudian dibuat dengan kemampuan melipat diri, agar dapat menyesuaikan dengan lahan parkir yang makin terbatas.



Mobil buatan MIT, Amerika Serikat ini bernama Hiriko. Tubuhnya yang kecil hanya memuat dua kursi. Saat diparkir, mobil ini bisa dikecilkan hingga menjadi setengah dari ukuran semula. Tiga mobil Hiriko bisa muat di tempat parkir yang biasanya hanya untuk satu mobil ukuran biasa.

Hiriko, Mobil Unik Yang Bisa Dilipat

Jika mobil kecil biasanya bermasalah dengan kemampuan manuver, tidak demikian dengan Hiriko. Mobil ini dilengkapi kemudi khusus bernama "robot-wheels" yang memungkinkannya berputar 180 derajat pada sumbu aksisnya.

Mobil bertenaga baterai ini bisa berjalan sejauh 62 mil atau nyaris 100 km dalam sekali pengisian baterai. Sebuah komputer dibenamkan di dalamnya, dengan kemampuan mengenali lokasi dan secara otomatis membatasi kecepatannya pada batas yang dilegalkan. Selain itu sistem navigasinya mampu menghentak bagian ban untuk memberi tahu pengemudi arah yang harus ditempuh.

Mobil futuristik ini akan diproduksi pada akhir tahun ini, dengan perkiraan harga sekitar 16.000 dolar atau sekitar Rp143 juta.

Hiriko, Mobil Unik Yang Bisa Dilipat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM