Aplikasi e-commerce dan etalase toko online (storefronts) pada Facebook memungkinkan bagi para pengguna social media tsb melakukan penyesuaian aplikasi keranjangan belanja ( shopping cart) kedalam halanan FanPages masing-masing, atau profil mereka supaya dapat lansung aktif menjual produk/ jasa secara online di Facebook.
Jaringan Media sosial seperti Facebook sepertinya tidak lagi digunakan hanya upload album foto, atau memeriksa status update terbaru teman-teman Anda. Kini E-commerce telah berevolusi dan berasimilasi dengan platform jaringan media sosial sehingga muncul solusi social e-commerce yang dapat menjadi satu dengan interaktifitas kegiatan secara real-time dalam jaringan media sosial online.
Aplikasi Store Fronts di facebook ini menawarkan banyak peluang baru bagi para pemilik usaha yg sudah memiliki akun facebook, ketika mereka ingin memperluas pengaruh dan mempromosikan toko online mereka dalam komunitas sosial facebook yang makin ‘bengkak’.
Dalam daftar review di bawah ini beberapa jenis aplikasi storefronts telah diidentifikasi sebagai alat bantu yang terbaik proses e-commerce / jualan secara online di Facebook. Jangan kuatir jika diantara kita masih ada yg belum terbiasa dengan Facebook Application Tools, jadi jika sudah ‘kebelet’ ingin menjajalnya maka silahkan lihat Panduan untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi-aplikasi storefronts a la facebook berikut ini :
- Payvment -
Sebagai solusi Storefront e-commerce yang
terbilang lengkap , aplikasi ini memudahkan proses kustomisasi/
perubahan penyesuaian berdasarkan selera masing-masing dalam menjual
produk online secara langsung dari Facebook. Pebisnis dengan mudah
menambahkan daftar produk baru, membuat kategori, upload gambar produk,
menambahkan kode HTML, dan banyak lagi. Tabel Produk juga dapat diedit
dan diubah setiap saat dan persediaan secara otomatis dilacak. Salah
satu fitur yang sangat keren adalah proses sinkronisasi aplikasi
keranjang belanja (shopping cart) dengan situs web pebisnis yang sudah ada sebelumnya. Juga yang termasuk menggoda adalah “HARGA KHUSUS PENGGEMAR” (fans price) yang memprovokasi calon
pembeli di facebook menjadi penggemar atau meng-klik tombol “Suka”
pada halaman Facebook Pebisnis. Lalu sebagai imbalannya para penggemar
tsb diberi hak harga diskon khusus pembelian produk-produk online yg
dipromosikan dalam facebook.
- BigCommerce SocialShop - memungkinkan pengguna BigCommerce yang bisa berupa
UKM
maupun perusahaan besar, berjualan di Facebook dengan aplikasi
Shopping cart khusus. Pebisnis yang berjualan dengan aplikasi
BigCommerce harus menambahkan tab baru ke halaman fanpage mereka di
Facebook di mana produk mereka akan dicantumkan. Sehingga para
penggemar (Fans) dapat melihat item, berbagi perasaan/ pendapat dengan
teman-teman mereka di facebook, atau segera berminat dan membeli
langsung produk tsb dari toko Facebook di fanpage para pebisnis.
- Sosial Store Builder - aplikasi e-commerce yang dibuat Volusion bagi user yang telah
subscribed
dan ingin berjualan pada halaman Facebook masing-masing. Namun
sebelumnya Anda harus menjadi pelanggan Volusion paket ‘Gold’ atauyang
lebih tinggi dulu. Proses Setupnya sederhana dimana perlu proses
instalasi aplikasi storefrontnya pada fanpage masing-masing, kemudian mengimpor daftar produk dari workspace dari portal ecommerce di website Volusion masing-masing.
- Ecwid - Sebuah aplikasi shopping cart gratisan yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke
dalam profil Anda sendiri untuk menjual di Facebook. Aplikasi e-commerce a la ecwid ini memanfaatkan teknologi AJAX dan fungsi drag-n-drop
demi kemudahan pebisnis mengelola toko online mereka di facebook.
Salah satu manfaat utama ecwid adalah pebisnis dapat menambah jumlah
toko online a la Ecwid mereka ( ecwid outlets ) dengan hanya copy dan insert kode widget
ke sejumlah situs atau jaringan sosial lainnya. Selanjutnya, pebisnis
dapat mengawasi kinerja penjualan/ promosi dari satu lokasi saja.
- My Etsy - aplikasi Storefront di facebook yang memungkinkan pebisnis menambahkan tab
ke
fanpage atau profil pebisnis agar menampilkan toko online Etsy
masing-masing. Sebetulnya Etsy merupakan pasar online di mana pedagang
dan konsumen dapat membeli dan menjual barang-barang handmade/
handycrafts (ketrampilan tangan). Setelah memasang aplikasi My Etsy di
Facebook, pengunjung segera dapat melihat toko Etsy pebisnis dengan
kenyamanan khas Facebook kemudian berbagi pendapat dengan teman-teman
mereka.
- Marketplace - applikasi gratisan Facebook yang sudah secara luas digunakan
komunitasnya
untuk membeli dan menjual apa saja melalui jaringan sosial facebook.
Gagasan untuk menciptakan sebuah mal sosial adalah memberikan penggunaan
terbuka dari pengguna Facebook berjualan langsung kepada jaringan
teman-teman mereka sendiri. Menggabungkan baris-baris reklame produk
dengan jejaring sosial, Marketplace memberikan opsi barter dengan orang yang sudah Anda kenal dan percaya.
- CafePress - Ketika hendak berjualan barang-barang /jasa pebisnis dengan CafePress,
mereka
bisa mempromosikan barang-barang/ jasa mereka melalui profil Facebook
masing-masing menggunakan aplikasi ini. Lalu CafePress akan menerbitkan
item barang/ jasa tsb pada profil facebook pebisnis, dan memberikan
akses ke semua teman pebisnis di Facebook. Bagi pebisis yang
berpartisipasi dalam Program Afiliasi CafePress, maka akan
disertakan link afiliasi terkait toko penjualan item barang/ jasa
tertentu. Dengan cara ini, pebisnis akan lebih mampu memanfaatkan grafik
keterkaitan sosial dalam facebook pebisnis sendiri ketika aktif
berjualan, dan mendapatkan respon balik dengan cepat setelah
mempromosikan toko online a la CafePress masing-masing.
- MyMerchStore - dibuat oleh Zazzle, yang mana MyMerchStore merupakan cara bagi
pebisnis
mengirim produk/ jasa ditampilkan pada profil facebok masing-masing.
Pebisnis juga dapat berbagi produk yang disukai, lalu menemukan
’seniman’ lainnya yang juga sedang menjual karya mereka. Fitur pencarian
dan penemuan informasi yang ada mampu mengembangkan proses promosi
para artis seni, melalui mekanisme berbagi termasuk provokasi pengguna
untuk menyebarkan berita tentang produk yang dijual melalui aplikasi
Zazzle.
- PhotoZ - Produk aplikasi penjualan online lainnya dari Zazzle, PhotoZ memungkinkan
pebisnis menempatkan foto di Facebook album mereka, yang akan berubah menjadi produk yang pebisnis jual di Zazzle.com.
Ini menawarkan cara yang berbeda dan memberikan dorongan ‘halus’
(sopan) produk melalui situs jejaring sosial, sementara juga melibatkan
tingkat sentimen di sekitar produk itu sendiri. Proses Tagging lain
dalam album di PhotoZ dapat mendorong teman-teman online pebisnis untuk
membeli item melalui aplkasi Zazzle dengan cara ini.
- Eventbrite - Sudah tentu sangat provokatif mempromosikan acara pertunjukkan menarik
yang
akan datang. Tetapi akan lebih mudah menjual tiket pertunjukan jika
bisa dipesan melalui Facebook app. Masuklah ke Eventbrite, layanan
perencanaan events organizernya menggunakan aplikasi Facebook yang
memungkinkan pebisnis posting, mempromosikan dan menjual tiket untuk
acara-acara pertunjukkan yang dipromosikan. Hal ini terlaksana melalui Facebook Connect, dimana memberikan pebisnis pilihan publikasi via facebook untuk acara-acara yang dibuat melalui aplikasi Eventbrite.
- Bodega - Banyak orang yang menghasilkan uang di Facebook dengan menjual produk
virtual/
digital. Para pebisnis lainpun dapat melakukan hal yang sama, tanpa
harus menciptakan aplikasi khusus sendiri-sendiri. Bodega ini
memungkinkan pebisnis membeli dan menjual item barang-barang virtual,
dan memberikan pendapatan uang nyata untuk usaha mereka. Munculnya
pilihan konsumen terhadap penjualan langsung dalam lingkungan media
sosial secara online semacam facebook, Aplikasi Bodega cocok untuk
diterapkan pada pemasaran social casual game online dan produk virtual ke tingkat keuntungan selanjutnya.
- eBay Auctions - memungkinkan pebisnis melakukan posting daftar penjualan barang di eBay muncul
di
profil Facebook mereka. Dengan begitu, pebisnis memperluas jaringan
pemasaran mereka, menyebarkan ke dalam ‘kolam’ komunitas yang lebih luas
demi menjaring pelanggan potensial. Sebagaimana halnya aplikasi iklan
baris yang sifatnya hampir sama, faktor kepercayaan merupakan faktor
kritikal yang membuat dampak baik/ buruk dengan grafik interaksi sosial
para pengguna media sosial online. Melalui Profile Facebook
yang bisa diatur dengan privasi yg diperbaharui, maka sebuah aplikasi
seperti eBay dapat memiliki meningkatkan potensi pemasaran melalui
jaringan Facebook, terutama jika ditambahkan ke Fanpage publik.
- Shopit - aplikasi Facebook yang membuat interfaces buat toko online dalam profil facebook pebisnis.
MenJual item dalam account Shopit, maka pebisnis dapat lebih mempromosikan produk/ jasa mereka melalui Facebook. Mirip dengan aplikasi iklan baris di facebook-Marketplace,
pebisnis dapat menjual item pebisnis sendiri melalui aplikasi Shopit.
Idenya adalah untuk meningkatkan kadar silaturahmi dengan orang-orang
yang sudah dikenal, meningkatkan faktor kepercayaan dan meminimalkan
waktu yang dihabiskan konsumen untuk meneliti kualitas sipenjual.
- Musik-My Store (dari Nimbit) menawarkan interface yang dapat ditempatkan langsung
di
profil Facebook pebisnis (berbayar). Dirancang memang untuk menjual
produk musik, maka Nimbit memberi pebisnis seluruh etalase untuk menjual
musik dan barang-barang yang berhubungan dengan musik. Sebuah dampak
sampingan dari aplikasi penjualan musik a la Nimbit adalah perlunya
penempatan interfaces yg dibutuhkan pada Facebook Fanpage
demi peningkatkan penampilan estetika. Jika pebisnis mempertahankan dua
profil yang terpisah dimana kepentingan pribadi dengan komersial, maka
aplikasi ini bisa jadi solusi yang baik untuk pebisnis musik.
- Books on Campus - bisa sebagai jaringan sosial awal bagi para mahasiswa/i, mencari
informasi dimanakah ‘pasar’ yang lebih kondusif dalam jual-beli buku teks pelajaran
? Aplikasi ini menanggapi isu terkait jual-beli buku teks pelajaran
ke pelosok dunia perguruan tinggi dengan menempatkan aplikasi nya pada
facebook. Ketika mahasiswa/i berhubungan dengan sesama siswa di media social online, maka aplikasi ini dapat memperlihatkan jaringan buku teks pelajaran yang digunakan mahasiswa lain. article/armhando.com/15-aplikasi-shopping-cart-terbaik-untuk-jualan-di-facebook-berita-aneh-unik-lucu-hot?utm_source=popular_channel_unik-aneh&utm_medium=popular_channel_unik-aneh_7&utm_campaign=stream_lintas




Tidak ada komentar:
Posting Komentar