Sabtu, 19 Mei 2012

Bahaya, Poni Samping Bikin Rabun

img
Jakarta - Kita semua tahu bahwa beberapa cara untuk tampil cantik bisa berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari memakai sepatu hak tinggi, melakukan manikur hingga memasang implan payudara.


Namun, selama ini kita tidak pernah tahu bahwa penataan rambut bisa juga memberikan efek buruk untuk kesehatan, khususnya kesehatan mata. Seperti menata poni ke samping, bisa menyebabkan mata menjadi rabun.

Seleb yang terkenal menata poninya ke samping adalah Nicole Richie, Cameron Diaz dan Jessica Alba. Bahkan sering kali kita melihat wanita yang poninya menutup sebelah mata mereka.

Menurut dokter mata Andrew Hogan, anggota asosiasi Optometris Australia, poni samping yang hampir atau menutupi bagian mata dapat mengaburkan pandangan, yang menyebabkan ambliopia. Gangguan tersebut biasa disebut dengan mata malas atau lazy eyes.

"Jika kaum muda memiliki poni yang sampai menutupi satu mata dalam waktu yang cukup lama, mereka tidak akan melihat detail dengan jelas. Dan jika itu terjadi dari usia muda, maka mata menjadi ambliopia," ujar Hogan, seperti dilansir Huffingtonpost.

Dr. Hogan juga menjelaskan, rambut yang menutupi mata bertindak seperti penutup mata, yang dapat mencegah akses sinar matahari. Ketika mata tidak mendapatkan cahaya sinar matahari, maka dapat melemahkan mata dan membuat jarak pandangan menjadi lebih pendek.

Ambliopia terjadi ketika mata mengirimkan gambar kabur ke otak yang menyebabkan jalur saraf mata tidak berkembang. Kondisi seperti itu, paling sering terjadi pada usia muda, termasuk remaja.

Amblyopia, yang terjadi ketika mata mengirimkan gambar kabur ke otak menyebabkan jalur saraf mata untuk tidak pernah berkembang, paling sering terjadi pada anak muda termasuk remaja tapi Dr Hogan mengatakan penelitian telah menunjukkan visi masih dapat dipengaruhi di kemudian hari.

Meskipun rambut dengan penataan poni yang menyamping terlihat keren dan daoat menutupi dahi yang lebar, namun untuk kesehatan sebaiknya dihindari tatanan rambut tersebut. Opsi lainnya adalah menata poni menjadi rata di atas alis atau poni bisa dipanjangkan. 



http://wolipop.detik.com/read/2012/05/15/165506/1917719/234/bahaya-punya-poni-samping

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM