Senin, 07 Mei 2012

Tolong! Bayi Nasywa Butuh Bantuan Operasi Tebalkan Dinding Perut

detail berita
Bayi cantik berusia 14 bulan itu lahir dengan selaput tipis di dinding perut, sehingga ususnya tampak dari luar. Saat bayi itu menangis, ususnya terlihat menonjol di dinding perutnya yang transparan. Kini dia membutuhkan uluran tangan untuk operasi omfalokel.



Omfalokel adalah penonjolan dari usus atau isi perut lainnya melalui akar pusat yang hanya dilapisi oloeh peritoneum (selaput dinding perut) dan tidak lapisi oleh kulit. Di beberapa kasus, usus penderita bahkan terburai saking tipisnya selaput dinding perut.

"Kemarin (akhir April) radang paru-paru, lalu dirawat di RS Siloam. Awalnya sih kita nggak kepikiran mau dirawat di sana. Maunya cuma kontrol saja, tapi lalu diminta dirawat karena dokter nggak mau ambil risiko. Ya sudah akhirnya dirawat di sana. Padahal kalau tahu mau dirawat milihnya ya ke RS pemerintah biar murah," ujar ayah Nasywa, Ujang Nurjaman.

Saat lahir, Nasywa bukan hanya memiliki masalah omfalokel. Jantungnya saat itu mengalami kebocoran yang berimbas pada membirunya ujung-ujung jari Nasywa. Karena tidak mau mengambil risiko,dokter pun buru-buru melakukan operasi. Namun setelah itu, secara berkala Nasywa harus terus dipantau kondisinya.

"Tadinya dicek 2 minggu setelah operasi, lalu satu bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun," terang Ujang.

Operasi omfalokel belum bisa dilakukan karena berat badan Nasywa hanya 8,3 kg. Operasi baru akan dilakukan hingga berat badan gadis kecil itu 10 kg. Sambil menambah bobot anaknya, Ujang pun mengupayakan biaya operasi untuk anak semata wayangnya itu.

"Belum tahu mau operasi di mana. Kalau di RSCM belum cari informasi. Inginnya di daerah Bekasi, bisa dekat rumah, jadinya bisa ringan," ujar karyawan perusahaan industri rumahan ini.

Ujang tidak bisa memanfaatkan Jamkesmas karena keluarganya tidak termasuk penerima Jamkesmas. Mengingat penghasilan bulanannya juga tidak berjumlah besar, maka Ujang harus mencari pinjaman ke kanan-kiri. Tidak masuk kategori keluarga miskin namun tidak punya cukup uang untuk membayar biaya pengobatan membuatnya miris.

"Dulu pas operasi jantung saja habis Rp 100 juta. Ya pinjam sana-sini," tambahnya.

Saat ini dinding perut Nasywa sudah mulai ditumbuhi kulit meski tipis. Namun kalau Nasywa batuk dan tertekan perutnya, maka perut menjadi besar dan menonjol ususnya.

"Sekarang dikasih salep. Tapi nanti tetap akan operasi. Masih kumpulkan uang dan tambah berat badan Nasywa," terang Ujang.

Bila pembaca berniat membantu Nasywa bisa menghubungi ayahnya di nomor telepon 08122304593. Atau Anda bisa menyalurkan bantuan melalui rekening Bank Mandiri atas nama Ujang Nurjaman di 125-00-0641109-4.

Sumber : http://news.detik.com/read/2012/05/07/162523/1911263/10/tolong-bayi-nasywa-butuh-bantuan-operasi-tebalkan-dinding-perut?9922022

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM