Senin, 07 Mei 2012

Lanskap Gurun Terhebat Di Dunia

Beberapa pemandangan yang paling menarik di dunia adalah wilayah yang sepi dan kering di dunia. Mungkin banyak orang menyebutnya dengan sebutan gurun. Dari hamparan gundukan pasir yang indah dan luas sehingga seakan membentuk sebuah formasi batu raksasa. Untuk informasi, Luas Gurun merupakan sepertiga dari luar permukaan Bumi kita woww..

Berikut daftar gurun - gurun yang sangat menakjubkan.

10. Valle de la Luna

Valle de la LUna terletak di Gurun Atacama, Chili. Lanskap dari gurun ini terbentuk karena terpaan angin dan banjir berabad - abd yang lalu. Formasi bukin padir dan batu disini meniru pemukaan bulan. Oleh karena itu daerah ini diberi nama Valle de la Luna yang berarti "Valley of the moon". Ada satu hal lagi yang unik dari wilayah pasir berbatu ini, yaitu warnanya yang beraneka ragam hasil dari pemantulan sinar Matahari sehingga menghasilkan perubahan warna.

9. Gurun Pinnacles


Gurun Pinnacles terletak di Tmana Nasional Nambung, Australia Barat. Gurun ini jika dilihat - lihat lebih teliti lagi menyerupai jari jemari, aneh dan menyimpan mistik hehe. Dengan pergerakan Matahari, batu - batu kapur tersebut terlihat lebih indah dengan bayangannya. Satu hal lagi yang membuatnya tambah indah yaitu dengan adanya bunga-bunga liar di sekitar gurun pada bulan Agustus - Oktober.

8. McMurdo Dry Valleys


Dengan curah hujan tahunan yang hanya mencapai 200 mm (8 inci ) di sepanjang pantai dan bahkan kurang dari itu. Membuat Antartica sebgai gurun terbesar di dunia. Wilayah gurun yang paling ekstrim di antartica adalan McMurdo Dry Valleys. Meskipun lembah ini terletak di benua yang tertutup oleh es, tetapi wilayah ini sama sekali belum terjamah oleh es selama ribuan tahun lamanya. Angin kencang meniup melalui padang pasir dengan kecepatan mencapai 310 mkm ( 200 mil ) per jam dengan kekuatan yang mampu menguapkan semua kelembaban. Maka dari itu, McMurdo Dry Valleys dianggap merupakan bagian Bumi yang paling dekat dengan Mars.

7. Death Valleys


Death Valleys melintasi wilayah Nevada dan California, ini juga dianggap sebagai wilayah terkering dan terpanas di Amerika Utara. Death Valleys tercatat memiliki suhu setinggi 130 derajat. Hal yang unik dari tempat ini yakni fenomena batu - batu yang bergerak dengan sendirinya.

6. Gurun Sinai

http://www.scubavision.de/images/large/treich-20100901-6/dunes-sinai-desert-511.jpg

Terletak di sepanjang perbatasan antara Mesir dan Israel, Gurun Sinai adalah tujuan wisata utama karena sejarah agama dan keindahannya. Gurun terjal namun diselimuti oleh birunya langit menawarkan kepada pengunjung akan pemandangan yang spektakuler.

5. Erg Chebbi


Erg Chebbi terletak di Gurun Sahara, Maroko. Bukit pasir menakjubkan setinggi 150 meter yang membuat kita merasa sangat kecil di dalam bayangannya itu. Untuk kalian yang mau mencoba menjelajahi bukit pasir ini, biasanya perjalanan dimulai dari desa Merzouga yang terletak di tepi bukit ini. Diantara dari semua jalur trekking, trekking camel lah yang paling banyak dipilih meskipun cukup sulit untuk dilewati. Yang penting tetap berusaha boi :)

4. Sossusvlei


Sossuvlei adalah sebuah gudukan tanah liat yang cukup tinggi dan terjal yang terdapat di Gurun Namib, Namibia. Bukit ini juga dialiri oleh sungai yang indah dan disaat Matahari terbit atau terbenam warna dari bukit Sossuvlei akan berubah warnanya dan memberikan kesempatan yang bagus bagi para Fotografer. Angin gurun yang kencang juga mengakibatkan landskap dan tekstur dari bukit berubah - ubah.

3. Nazka Desert


The Nazca Desert occupies a strip along the northern Pacific coast on a high arid plateau. The famous Nazca Lines are located between the towns of Nazca and Palpa. Created between 200 BC and 700 AD the figures range from simple lines to stylized spiders, monkeys, fish, llamas, lizards and human figures. The lines were created on such a large scale that it wasn’t until the 1920′s, when Peruvian airlines started to fly from Lima to Arequipa, that the lines were recognized as figures. The dry, windless, stable climate of the Nazca Desert has helped keep the lines uncovered to the present day.

2. Wadi Rum


Lembah Wadi RUm memiliki banyak satwa liar dan formasi batuan yang luar biasa. Lembah ini terletak di Jordania. Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam ini bisa menaiki unta ataupun kuda. Formasi batuan ini memiliki puncak tertinggi kedua di Jordania yaitu Jabal Rum.

1. Salar de Uyuni

http://whatafy.com/storage/2011/11/Salar-de-Uyuni-.jpg

Terletak di pegunungan Andes, Bolivia, Salar de Uyuni adalah padang garam flat terbesar di dunia. Hamparan garam menciptakan pemandangan yang serba putih selama musim kering berlangsung, tetapi pada saat musim hujan daerah ini juga tak kalah menakjubkannya karena tertutup oleh air.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM