Rabu, 09 Mei 2012

Tips Mencegah Diabetes

Diabaetes merupakan salah satu penyakit serius yang disebabkan oleh gaya hidup yang bermalas-malasan dan sering mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan makanan yang manis-manis.
Penyakit yang biasa disebut Diabetes Militus (MD) atau ‘kencing manis’ ini hanya bisa dicegah dengan gaya hidup yang sehat.Dengan makan secara teratur dan mengkonsumsi sejumlah obat alami akan menghindarkan anda dengan penyakit yang berbahaya yang satu ini.
Berikut beberapa tips untuk mencegah diabetes seperti dilansir dari Healthmat :


1. Makan gandum utuh bukan yang terigu
Roti dan sereal gandum kaya akan serat yang dapat membuat tubuh dengan mudah menjaga kadar gula darah. Makan tiga potong roti gandum sehari bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes sebanyak 38 persen.

2. Ganti snack dengan buah
Makan tiga porsi apel, pir atau buah lain dalam 1 hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes sekitar 31 persen. Itu sudah cukup untuk mengubah pra-diabetes menjadi orang yang sangat sehat.
Buah memiliki banyak serat larut serta senyawa pengontrol insulin lainnya. Tapi minum jus buah membuat serat ini akan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan buah utuh.

3. Matikan televisi lebih awal
Pemotong jam menonton televisi selama dua jam sehari sudah dapat mengurangi risiko masalah berat badan serta diabetes sebanyak 20 persen.

4. Minum susu tanpa lemak dan tinggi kalsium
Cara mudah lain untuk menstabilkan gula darah adalah dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Menurut sebuah penelitian, semakin banyak nutrisi kalsium dan vitamin D maka dapat mencegah datangnya diabetes hingga 20 persen untuk 20 tahun ke depan.

5. Masak dengan lemak baik
Masaklah dengan menggunakan lemak baik seperti minyak kelapa, wijen atau minyak zaitun. Dosis harian dari lemak tumbuhan ini dapat membantu penggunana glukosa oleh tubuh dengan baik, sehingga bisa mengurangi risiko wanita mengalami masalah gula darah sedikitnya 22 persen.

6. Minum kopi atau teh pahit atau dengan sedikit gula
Penelitian dari The University of Sydney menunjukkan bahwa setiap cangkir kopi yang diminum seseorang bisa mengurangi risiko diabetes hingga 7 persen. Dari enam studi yang ada, diketahui bahwa mengonsumsi 3 hingga 4 cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko diabetes sampai 36 persen.
Tapi ingat, minum teh atau kopi ini sebaiknya dengan kadar gula sedikit, bukan seperti kebanyakan orang Indonesia yang biasa memberikan gula terlalu banyak.

7. Makan kacang-kacangan atau sumber magnesium
Almond, kacang mete dan kacang Brazil adalah sumber utama magnesium yang dapat membantu mengurangi risiko gula darah tinggi sebesar 31 persen. Hal ini juga dapat mengurangi risiko orang terkena diabetes seumur hidup sebesar 22 persen.
Jika Anda tidak suka makan kacang-kacangan, Anda bisa makan tahu, salmon, halibut, bayam dan alpukat. Makanan ini juga merupakan sumber besar magnesium.


8. Cukup istirahat
Kurang tidur dapat membuat kadar hormon stres kortisol melambung hingga 37 persen sehingga memicu terjadinya resistensi insulin dan diabetes. Oleh karena itu, istirahatlah dengan cukup dengan 7-8 jam tidur setiap malam.

9. Olahraga teratur
Selain mengubah pola makan, Anda harus memasukkan olahraga atau latihan aerobik dalam rutinitas harian. Menurunkan berat badan juga akan membantu menghindari diabetes.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM