Sabtu, 07 April 2012

Bahaya Makan Mie Instant Setiap Hari

Kebiasaan makan mie instan di Indonesia memang sudah menjadi hal yang mendarah daging.  Bagaimana tidak mie instan memang merupakan solusi yang mudah murah dan pastinya enak.  Siapa sih yang nggak tergiur dengan mie instan rebus dengan tambahan telur dan irisan cabe rawit.  Tetapi sebetulnya kita harus menyadari bahaya mengintai jika mie instan tersebut dikonsumsi setiap hari.  Mie instan tidak bisa menggantikan makanan pokok seperti nasi yang lengkap dengan lauk pauknya.  Mie instan tidak juga memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
mie rebus Bahayanya Makan Mie Instan Tiap Hari
Memang sih di dalam mie instan tersebut ada kandungan karbohidrat dalam jumlah cukup besar tetapi kandungan vitamin, mineral serta protein yang dibutuhkan oleh tubuh amatlah sedikit.  Tak hanya kandungan nutrisi pada  mie instan yang sedikit ternyata juga bisa mengakibatkan kanker jika dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu panjang.  Hal negatif dari konsumsi mie instan dalah kandungan natrium dalam mie instan ini cukup tinggi sehingga memang tak baik untuk penderita hipertensi dan maag.

Mengapa begitu dikarenakan bagi penderita maag, kandungan natrium yang tinggi tersebut akan bersifat menetralkan lambung sehingga akibatnya lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan.  Akibatnya maka asam lambung akan naik dan terjadilah pengikisan dinding lambung.  Untuk penderita hipertensi hal ini cukup berbahaya dikarenakan akan meningkatkan tekanan darah karena jumlah natrium dan kalium yang tidak seimbang dalam darah.
Selain itu mie instan juga tidak dapat dikonsumsi oleh penderita autisme dikarenakan mengandung gluten yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita autisme.  Nah memang jika mengkonsumsi mie instan sekali kali saja hal itu tidak akan berdampak buruk namun jika mie instan dikonsumsi setiap hari bahkan tiga kali sehari maka hal ini menimbulkan akibat negatif.  Salah satu hal yang perlu diperhatikan juga jika masak mie instan cobalah dengan menambahkan sayur sayuran untuk kebutuhan serat, daging ayam atau telur untuk proteinnya.

Menurut seorang ahli gizi klinik, Juniarta Alidjaja, orang yang kebanyakan makan mie instan tanpa diimbangi makanan berserat berpotensi mengalami gangguan kesehatan. Hal ini karena mie mengandung karbohidrat sederhana, lemak, dan kadar natrium tinggi. Misalnya obesitas, kenaikan kadar gula darah, kenaikan tensi tubuh dan lain-lain.

sumber: http://komunikan.com/bahayanya-makan-mie-instan-tiap-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM