Minggu, 22 April 2012

Bersiap-siap Menikmati Hujan Meteor Diakhir April



Bersiap-siaplah menikmati hujan meteor di akhir April
Ilustrasi Meteors Shower atau hujan meteor (© Worldcorrespondents.com)



Minggu ini nampaknya adalah minggu yang tepat untuk mengobservasi meteor. Beberapa waktu lalu sebuah meteor yang dinamakan Lyryd muncul diantara konstelasi Hercules dan Vega. Namun, menurut MSN.com, setiap malam di minggu-minggu ini, meteor-meteor dapat dilihat dari bumi.


Dalam satu tahun, terdapat malam-malam khusus yang dapat digunakan untuk mengamati meteor dengan mata telanjang. Menurut para pakar, waktu yang tepat untuk melihat meteor adalah ketika bulan sedang tidak menampakkan dirinya, dan langit berwarna hitam pekat dengan taburan berjuta bintang. Space.com juga mengatakan bahwa malam yang tepat untuk melihat meteor adalah pada tanggal 21 April ini.

Sedikitnya 15 sampai 20 meteor akan terlihat melintas di langit setiap jam. Para astronot menyebutnya dengan istilah hujan meteor. Meteor-meteor tersebut akan nampak seperti bola api karena lintasannya bergesekan dengan atmosfer bumi. Jarak meteor tersebut dengan bumi berkisar antara 47 sampai dengan 62 mil, namun masih dapat terlihat jelas walaupun tanpa menggunakan teleskop untuk melihatnya.

Banyak orang yang masih bingung dengan istilah hujan meteor dengan badai meteor. Para ahli menjelaskan bahwa badai meteor adalah suatu masa ketika langit dipenuhi dengan meteor, sedangkan yang dimaksud dengan hujan meteor adalah suatu masa ketika banyak meteor melintas dengan kecepatan yang tinggi.
Memang sedikit mempunyai arti yang sama namun deskripsinya berbeda. Namun, jangan terlalu berharap untuk dapat melihat badai meteor, karena menurut para ahli, badai meteor hanya terjadi sekali dalam beberapa ratus tahun.

Menurut Sciencedaily.com, pada malam-malam biasa, seseorang dapat melihat lusinan meteor secara jelas dalam waktu satu jam atau satu meteor dalam waktu 10 sampai 15 menit, kemudian disusul dengan hadirnya meteor lainnya. Namun, pada saat hujan meteor, seseorang akan melihat meteor lebih sering dan lebih banyak dibanding dengan malam-malam biasa.

Fenomena alam semacam inilah yang sangat digemari oleh para fotografer, karena mereka dapat mengabadikan pemandangan langit yang tidak selalu muncul setiap malamnya. Banyak orang yang percaya bahwa melihat meteor jatuh atau melihat meteor melintas, semua permintaannya yang dia panjatkan dengan sungguh-sungguh dapat terkabul.
Oleh karenanya, bagi orang-orang yang mempunyai banyak permintaan dan harapan, disarankan untuk pergi keluar dan mengamati langit malam pada tanggal 21 April ini. Karena dengan banyaknya meteor yang melintas, maka banyak pula permintaan serta harapannya yang (mungkin) akan terkabul. 


Reporter: Dwi Andi Susanto
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM