Sabtu, 07 April 2012

Waspada, Gorengan Plastik Beredar

Desas-desus soal munculnya jajanan gorengan yang digoreng bersama plastikgorengan di lapangan juga kurang menggembirakan, investigasi dari beberapa stasiun televisi swasta membuktikan bahwa jajanan gorengan yang digoreng bersama plastik ternyata bukan cuma sekedar mitos. Bukan hanya kantung plastik, berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian beberapa tim televisi swasta tersebut, sedotan atau bahkan dirijen plastik juga digunakan dalam proses penggorengan, “pokoknya asal ketemu plastik” mungkin pikir para pelaku kejahatan tersebut.

waspada gorengan plastik 300x225 Waspada Gorengan Plastik Beredar
Benda-benda berbahan dasar plastik ini dicelup terlebih dahulu dengan minyak panas hingga meleleh, baru kemudian menggoreng produk gorengan yang dijual. Dengan cara ini, gorengan yang dihasilkan bisa lebih renyah dan tahan lama. Menurut para penjualnya, gorengan mereka tambah laku semenjak mereka mulai menggoreng dengan plastik. Padahal kita tahu untuk menghasilkan sebuah gorengan yang renyah tidaklah sesulit dan sesusah yang dibayangkan.
Yang mencengangkan, menurut peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ani Retno, gorengan berplastik yang dikonsumsi dalam waktu lama bisa memicu penyakit kanker.
Bukan maksudnya untuk menghakimi semua penjual gorengan, namun kita sebagai konsumen memang harus waspada pada penjual gorengan nakal tersebut.
Nah untuk mengenali gorengan mana yang digoreng secara natural dan gorengan mana yang menggunakan plastik, Lapar.com bakalan kasih kamu caranya:
Gorengan plastik beda 300x87 Waspada Gorengan Plastik Beredar
Lihat kedua gambar diatas, yang kiri adalah gorengan yang digoreng dengan plastik dan yang kanan adalah gorengan yang normal. Keduanya bisa dikenali dengan melihat permukaan gorengannya. Gorengan plastik mempunyai bercak-bercak putih yang terlihat seperti yang ada pada gambar kiri, sedangkan gorengan normal tidak ada.
Cara lainnya adalah dengan mendiamkan gorengan hingga menjadi dingin. Gorengan yang menggunakan plastik akan tetap renyah dan kriuk walaupun sudah dingin, sedangkan gorengan yang normal akan menjadi lembek.
Selain itu lihat juga minyak yang digunakan oleh si tukang gorengan, apabila mengkilat dan ada indikasi mencurigakan segera tinggalkan dan cari tukang gorengan lainnya. Itu juga kalo masih nafsu pengen makan gorengan hehehe.
Daripada ngemil gorengan, mendingan ngemil buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM