Minggu, 29 April 2012

Tidur Dalam Kegelapan Ternyata Lebih Bermanfaat Bagi Kesehatan



Tidur dengan waktu cukup sangatlah penting. Penting juga di saat istirahat itu kualitas tidur terpenuhi. Artinya, tubuh dalam posisi tidur lelap. Tidur seperti inilah yang membawa keuntungan bagi kesehatan, terutama jika dalam kondisi tanpa banyak cahaya.

Tidur normal orang dewasa antara 6-8 jam per hari. Bisa jadi tidur ini berlangsung selama penuh semalaman atau ditambah tidur siang. Dan, kalau Anda tidak menyesuaikan tidur sesuai ritmenya, itu akan menghambat kerja beberapa hormon tubuh Anda.

Hormon melatonin, misalnya, akan terganggu fungsinya kalau kualitas tidur malam buruk. Hormon ini bertanggung jawab mengatur koordinasi sistem tubuh agar bekerja sama dengan baik. Jika fungsi ini terganggu, maka tubuh lebih mudah terkena penyakit.

Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal yang hanya aktif saat situasi matahari terbenam atau gelap, dan dalam posisi tidur. Kala itu, pineal secara aktif mengeluarkan melatonin dan dilepaskan ke darah.

Setelah melatonin terdistribusi ke seluruh tubuh, dia bekerja keras untuk Anda. Mulai dari berkoordinasi dalam memperbaiki keseimbangan kimia, membangun kekebalan tubuh, mengatur kadar gula, dan sebagainya.

Semakin gelap situasi sekitar Anda saat tidur malam, maka jumlah melatonin juga akan optimal. Artinya, perbaikan di tubuh juga akan terlaksana dengan baik. Kondisi gelap gulita sangat bagus bagi pembentukan melatonin, apalagi ditambah tidur selama 6-8 jam. Anda akan lebih segar dan bugar.

[sangatuniksekali.blogspot.com]

2 komentar:

  1. Kunjungan dinihari Sob.
    Oh ya, bicara tentang tidur dalam kegelapan, susahnya kalau pas bangun jadi bingung. Sebab kondisi yang gelap akhirnya suka nabrak macem-macem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudna gelap disini artinya remang2,jd gak gelap gulita biar gak nabrak2 pas bangun,karena nyawanya kan blm ngumpul semua hehe, makasih untuk kunjungan dan komenarnya ya :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM