Rabu, 09 Mei 2012

Sejumlah Peristiwa Besar Yang Terjadi Di Menara Eifel




Siapapun mengetahu bahwa Menara Eiffel Paris, Prancis, merupakan salah satu menara pemancar tertinggi di dunia. Saat ini, tingginya mencapai 324 meter. Sejak berdiri pada 1889, sampai kini sudah lebih dari 200 juta orang pernah mengunjungi Menara Eiffel.

Nah, dalam rentang waktu satu abad lebih, sejumlah peristiwa besar mewarnai perjalanan sejarah menara yang dirancang oleh Gustave Eiffel tersebut. Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi di Menara Eiffel, yang kami kutip dari Wikimedia, dan sumber lainnya. Harapannya, dengan mengetahui peristiwa ini kita bisa belajar untuk lebih menghargai karya-karya intelektual.


1. Pada 10 September 1889, Thomas Alfa Edison (penemu bola lampu) mengunjungi menara. Ia menandatangani buku tamu dengan pesan sebagai berikut: “Kepada Mr  Eiffel, sang Insinyur pemberani dan pembangun arsitektur modern besar dan asli dari sesorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua Insinyur. Tertanda Thomas Edison.”

2. Tahun 1900, Menara Eiffel akan dihancurkan seusai perhelatan Pameran Dunia dan Peringatan Revolusi Prancis. Namun gagal dilaksanakan setelah uji coba transmisi radio Angkatan Darat berhasil mengudara.

3. Tahun 1902, menara ini tersambar petir. Puncak setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi menara segera diganti.

4. Pada 1910, Theodor Wolff melakukan pengamatan energi pancar yang dipancarkan di atas dan bawah menara, dan ia menemukan semacam sinar yang disebut dengan sinar kosmik.

5. Pada 4 Februari 1912, seorang penjahit Austria Franz Reichelt tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama menara Eiffel dengan parasut buatannya.

6. Tahun 1925, pelukis Victor Lustig bermaksud “menjual” menara ini sebagai besi tua.

7. Tahun 1930, menara ini kehilangan gelarnya sebagai struktur tertinggi di dunia ketika Chrysler Building selesai dibangun di New York City.

8. Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroen memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu itu.

9. Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940, kabel lift dipotong oleh orang Prancis sehingga Adolf Hitler harus menaiki tangga ke puncaknya. Bagian-bagian untuk memperbaikinya tidak mungkin didapat karena perang. Tahun 1940 tentara Nazi harus memanjat ke atas untuk mengibarkan swastika, tapi bendera ini terlalu besar sehingga tertiup angin beberapa jam kemudian, dan digantikan oleh yang kecil. Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan bahwa Hitler menguasai Perancis, bukan Menara Eiffel. Seorang Perancis mengukur menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Perancis. Bulan Agustus 1944, ketika Sekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, meruntuhkan menara bersama seluruh kota. Von Choltitz menolak perintah itu. Lift Menara bekerja normal beberapa jam setelah Pembebasan Paris.

10. Pada 3 Januari 1956, terjadi kebakaran hebat dan menghanguskan puncak menara.

11. Tahun 1957, antena radio ditambahkan di puncaknya.

12. Tahun 1980-an, sebuah restoran tua dan pondasi besinya dibongkar; kemudian dibeli dan dibangun kembali di St. Charles Avenue di New Orleans, Louisiana, oleh pengusaha John Onorio dan Daniel Bonnot, bernama Tour Eiffel Restaurant, lebih dikenal dengan Red Room. Restoran ini dibuat kembali dari 11 ribu bagian yang melintasi Atlantik dalam kontainer kargo 40 kaki (12 m).

13. Pada 31 Maret 1984, Robert Moriarty menerbangkan sebuah Beechcraft Bonanza melalui lengkungan bawah menara.

14. Dalam film aksi/petualangan James Bond tahun 1985 berjudul A View to a Kill, Sir Roger Moore sebagai James Bond mengejar May Day yang diperankan oleh aktris Grace Jones di atas Menara Eiffel. Ia berparasut dari struktur itu untuk kabur. Video lagu tema film, dinyanyikan oleh Duran Duran, juga meliputi beberapa adegan band menyanyi di menara yang berbenturan dengan adegan dari film. 20 tahun sebelumnya, film Bond Thunderball (1985) memperlihatkan menara ketika Largo, diperankan Adolfo Celi, parkir di luar kantor SPECTRE di Paris.

15. Pada 14 Juli 1995, Hari Bastille, pemusik sintesiser Perancis Jean Michel Jarre mempertunjukkan Konser Untuk Kepedulian di menara atas bantuan UNESCO. Konser gratis ini dikunjungi oleh 1.5 juta orang, memenuhi Champ-de-Mars. Konser tersebut menampilkan efek lampu dan proyeksi di menara, dan kembang api raksasa di luar. Tiga tahun kemudian, ia kembali ke tempat yang sama untuk acara musik lainnya, Electronic Night.

16. Pada Perayaan Tahun Baru 2000, Menara Eiffel menyelenggarakan Perayaan Milenium Paris. Kembang api ditembakkan dari keseluruhan panjang menara dalam penampilan spektakuler. Sebuah pameran di atas cafeteria di tingkat pertama juga merayakannya.

17. Tahun 2000, lampu kedip dan empat lampu suar berkekuatan tinggi dipasang di menara. Sejak itu pertunjukkan lampu telah menjadi acara harian setiap malam. Lampu suar di atas menara menjadikannya menara suar dalam langit malam Paris.

18. Menara ini menerima kunjungan lebih dari 200 juta sampai tahun 2002. Kini, setiap tahunnya paling sedikit enam juta orang mengunjungi Menara Eiffel.

19. Pada 22 Juli 2003, pukul 19.20, kebakaran kembali terjadi di puncak menara pada ruang persiapan penyiaran. Keseluruhan menara dikosongkan; kebakaran dapat dikendalikan setelah 40 menit, dan tidak ada laporan korban luka.

20. Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.
21. Pada 10 Januari 2011, Perusahaan teknologi ekologi, Ginger, berencana mengubah monumen Menara Eiffel menjadi pohon tertinggi di dunia. Caranya dengan menanam 600 ribu tanaman di seluruh rangka besi menara tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM