Sabtu, 07 April 2012

Sejarah Roti

 
 
Manusia sudah mengenal roti sejak zaman NEOLITIKUM. Hanya saja bentuknya berbeda. Gandum yg dihancurkan di campur air hingga menjadi adonan pasta lalu dibakar dengan api hingga matang sekali. Rasanya pun msh keras dan tawar. orang mesir kuno di tahun 2600 sebelum masehi menemukan bahan YEAST (pengembang/ragi) dan mencampurnya denan adonan tersebut.Adonan jd mengembang dan lebih lembut, mereka menamakannya LOAVES.

Loaves seringkali menjadi gaji para pekerja di zaman itu. Dan jika mereka meninggal, para mayat dikubur dengan loave sesuai kepercayaan bahwa ada kehidupan setelah kematian. Bukti2 ini terlihat dari lukisan atau pahatan di dinding. (Museum British,Inggris msh memiliki loaves yg berusia 4000 tahun! )
...
Para pelaut Yunani membawa bahan dan tepung roti ke Yunani dan menjadikannya roti yg lebih halus. Namun di tahun 150 sebelum masehi, Roma mengambil alih keberadaan roti saat menjajah Yunani. Setelah beradaptasi dan berpindah2 ke berbagai negara, sampailah roti ke Amerika.

Di zaman pemerintahan kolonial Amerika,gandum menjadi bahan yg sangat sulit didapat. Para ibu rumah tangga mencari solusi dgn mengganti gandum dgn tepung jagung. Itulah sebabnya muncul istilah CORNBREAD. Dan pada akhirnya Jerman - lah negeri yg konon pertama kali membuat roti terenak, terempuk dengan proses pembuatan terbaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM