Minggu, 19 Februari 2012

Prague Orloj, Benda Unik Sisa Era Gothic di Praha


Jika London punya Big Ben, Wina punya Ankeruhr, maka Prague punya Prague Orloj. Selain menjadi penanda waktu, jam ini juga menjadi penanda pergerakan planet, musim, bulan dan zodiak. Sempatkan melihat jam memesona ini saat berkunjung ke Praha, Ceko.
Prague Orloj berada di sisi Menara Gothic di gedung Old Town Hall di Jl Staromestske Nameski, Praha. Jam yang memiliki nama lain Astronomical Clock ini direparasi oleh seorang pembuat jam bernama Taborsky pada tahun 1552. Banyak orang yang menyebut Taborsky sebagai pembuatnya, namun bukan dialah orangnya!

Sebenarnya, pembuat Prague Orloj ini adalah Mikulas Kadan yang konon bekerja sama dengan Jan Sindel, seorang profesor matematika dan astronomi dari Charles University. Mereka membuat jam ini pada tahun 1410. Fakta ini terungkap dalam sebuah dokumen lama yang ditemukan pada tahun 1961.

Saat pertama kali dibuat, jam ini hanya terdiri dari jam biasa dengan tambahan perhitungan astrologi. Namun sekitar tahun 1490, jam ini ditambah perhitungan tanggal dan sekelilingnya dihias pahatan-pahatan gaya Gothic. Pada abad ke-17, jam ini diramaikan oleh kehadiran empat patung yang bisa bergerak mengelilinginya. Pada tahun 1865-1866 jam klasik ini direparasi kembali, kali ini besar-besaran! Di saat yang sama, 12 belas patung rasul Kristiani ditambahkan di sana.

Prague Orloj yang spektakuler ini memiliki latar yang menggambarkan bumi dan lapisan warna langit. Lingkaran biru tua yang ada di bagian bawah menggambarkan bumi dan warna biru yang berlapis di bagian atas menandakan warna langit.

Bagian yang berwarna merah dan hitam menandakan langit saat malam dan fajar. Pada siang hari, jarum dengan gambar matahari berada di bagian biru, pada malam hari, jarum tersebut berada di bagian warna hitam dan pada dini hari menjelang fajar, jarum matahari ini akan berada di bagian latar yang berwarna merah.

Angka romawi berwarna emas yang ada di bagian terluar lingkaran dalam menandakan 24 jam atau satu hari di dalam waktu Praha. Simbol zodiak ada di lingkaran bagian dalam. Lingkaran yang bergerak berlawanan arah jarum jam menyesuaikan diri dengan keberadaan matahari selama setahun.

Terdapat angka Schwabancher (Jerman kuno) bewarna emas dan berlatar warna hitam di lingkaran terluar jam ini. Angka-angka ini menandakan waktu Ceko kuno atau waktu Italia. Sebuah tangan emas ada di ujung jarum matahari. Jarum tangan dan matahari emas ini bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Jarum ini juga menunjukkan tiga waktu berbeda yaitu waktu lokal di Praha, waktu perhitungan Babilonia dan waktu Chesna kuno. Ada pula jarum bergambar bulan yang berjalan jauh lebih cepat dari jarum matahari.

Ada 4 patung unik yang ada di sisi kiri dan kanan jam. Bagian kiri diisi oleh lambang kesombongan yang digambarkan dengan patung yang memandang dirinya di kaca yang ia bawa. Sebelahnya adalah keserakahan, digambarkan dengan patung orang Yahudi yang membawa kantung emas. Bagian kanan diisi dengan kematian, sebuah patung tengkorak yang membawa bel. Sebelahnya ada patung orang Turki yang membawa alat musik.

Keempat patung ini akan bergerak di setiap jam, dengan kedua belas rasul Kristiani yang bergerak di atasnya. Tiap pukul 12 siang, pertunjukan dari Prague Orloj akan diramaikan oleh permainan terompet selama satu menit yang dimainkan oleh seniman setempat, tepat dari puncak menara.




























sumber: http://travel.detik.com/read/2012/02/17/160758/1845299/1025/4/prague-orloj-benda-unik-sisa-era-gothic-di-praha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM