Selasa, 07 Februari 2012

Relaksasi Untuk Mata Cantik Dan Sehat



Bukan hanya orang kantoran yang berkutat dengan komputer/ laptop setiap harinya. Siapapun kita, pasti membutuhkan dan berhadapan dengan alat penting satu ini. Jika sudah berhadapan dengan komputer/ laptop, kita suka lupa diri, deh.
Selalu berkelit dengan kata ‘tanggung’, ‘lagi seru’ atau ‘dikejar deadline’ hingga mengabaikan kalau punggung, bahu dan tangan terasa pegal. Belum lagi ini nih… mata!

Terlalu lama menatap layar komputer/ laptop membuat mata mengalami gangguan seperti lelah, tegang, kering, perih, gatal, hingga sakit di bagian kepala. Jika didiamkan, gangguan lainnya akan bertambah, konsentrasi berkurang serta kerusakan permanen pada mata.
Bukannya nakut-nakutin, loh. Tapi ada baiknya jika kamu mulai mengalami beragam gangguan tadi, mulai melakukan langkah-langkah berikut:
1. Cuci bersih kedua tangan dengan sabun dan basuh dengan air bening dan bersih, lalu keringkan dengan handuk bersih.
2. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan kamu selama 15-20 detik hingga keduanya kamu rasakan kehangatannya. Segera tutup perlahan mata dengan kedua telapak tangan selama satu menit. Pastikan saat melakukannya, tangan tidak menekan bola mata.
3. Gunakan dua jari telunjuk untuk menekan titik tengah di atas kedua alis mata (agak diatas ujung alis mata bagian dalam) selama 30 detik.
4. Pindahkan kedua telunjuk ke ujung atas hidung kamu (tepat diatas pembuluh air mata) lalu tekan perlahan selama 30 detik.
5. Tekan pelan-pelan punggung hidung mulai dari ujung alis mata/ atas hidung sampai ke bawah hidung dengan telunjuk dan ibu jari. Ingat, kalau ditekan keras-keras akan muncul noda merah terutama dekat bagian hidung dekat pembuluh air mata.
6. Gunakan lagi kedua telunjuk untuk menekan tulang pipi kamu agak mengarah ke atas selama 30 detik.
7. Berikutnya, lakukan kembali langkah pertama untuk memberikan kehangatan pada kedua mata kita.

Mata Indah, Mata Sehat
* Banyak mengonsumsi sayuran berwarna hijau, wortel, tomat dan susu.
* Hindari terjadinya kontak langsung mata kita dengan sinar ultraviolet, terkena debu, angin dan cahaya yang terlalu terang. Gunakan kacamata sebagai pelindung.
* Jika mulai ada gangguan, istirahatkan dengan menutup mata setiap beberapa jam sekali.
* Cucilah mata secara rutin menggunakan air bening dan bersih, lalu keringkan dengan handuk berserat halus serta bersih.
* Membaca dan nonton teve dengan jarak pandang yang dianjurkan.
* Hindari lama-lama membaca di dalam kendaraan berjalan atau ruangan remang-remang apalagi gelap.
* Gunakan obat tetes mata yang aman, terpercaya atau menggunakan resep dokter.
* Jangan langsung menggosok mata kuat-kuat jika ada benda masuk ke dalam. Jangan panik. Cuci segera dengan air bening dan bersih setelah kamu terlebih dulu mencuci telapak tangan.
* Hindari penggunaan rias mata saat mata sedang sakit.
* Jika cairan kimia masuk ke mata, cepat-cepat basuh dengan air bening dan bersih.
* Hindari terkena asap.
* Biasakan mengedipkan mata untuk mencegah mata terlalu tegang.
* Periksalah kondisi mata secara rutin ke dokter atau klinik mata. Terutama jika mata terlihat merah, berair, dan terasa gatal serta sering mengalami sakit kepala.

http://anekayess-online.com/beauty/article.php?article_id=2306

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM