Rabu, 15 Februari 2012

Kolmanskop, Kota Mati di Padang Pasir Namibia






Sebuah kota di Selatan Namibia pernah menjadi kota terkaya pada zamannya. Kini, kota tersebut telah ditinggalkan dan menjadi objek wisata mengesankan yang tidak boleh terlewat. Nikmatilah misteri kota mati Kolmanskop!


Jika kota tanpa penghuni hanya meninggalkan bangunan kosong dengan barang-barang yang sudah rusak, tidak halnya dengan Kolmanskop. Kota tanpa penghuni ini dipenuhi dengan pasir.

Dari wikipedia, Kolmanskop berada di tengah padang pasir Namibia, tepatnya beberapa kilometer dari Pelabuhan Luderitz, Namibia selatan. Pada tahun 1908, seorang pekerja bernama Zacharias Lewala menemukan sebongkah berlian saat ia bekerja di padang pasir itu. Ia pun melaporkan kejadian ini kepada kepala proyeknya yang bernama August Stauch, seorang yang berkebangsaan Jerman.

Setelah kejadian itu, banyak pengusaha tambang dari Jerman yang mencari peruntungan di sana. Mereka mulai membangun kota kecil dan dengan cepat, pemerintah Jerman menetapkan daerah tersebut sebagai tempat tertutup. Jerman pun tidak banyak membuang waktu dan langsung mengeksploitasi ladang berlian tersebut.

Sebuah kota modern pun dibangun di sana. Dengan pendapatannya yang tinggi, kota berlian tersebut tumbuh dengan pesat. Rumah sakit, gedung pertemuan, sekolah, bioskop, kasino dan pabrik es terdapat lengkap di sini. Kota yang dibangun dengan gaya Jerman ini pun menjadi kota pertama yang memiliki tram.

Sayangnya, kota ini mulai ditinggalkan setelah perang dunia pertama. Saat itu perdagangan berlian merosot tajam dan para penghuni di kota tersebut memilih pindah dan mencari mata pencaharian di tempat lain. Kolmanskop benar-benar ditinggalkan pada tahun 1984.

Bangunan-bangunan megah tersebut tak lagi berpenghuni dan perlahan dimakan cuaca. Tidak hanya tak terawat atau rusak, kota ini juga setengah tertimbun pasir. Angin membawa pasir masuk ke rumah dan bangunan melalui pintu dan jendela. Sebuah pemandangan yang mencekam namun mengesankan.

Saat ini, Kolmanskop terkenal sebagai tempat bagi para fotografer untuk mengasah kemampuan mereka. Banyak fotografer berburu foto di sini, beberapa foto model pun sudah berpose di kota ini. Kota tanpa penghuni ini juga terkenal di kalangan turis yang ingin melihat salah satu keunikan di Namibia secara lebih dekat.

Meski terbuka untuk umum, para turis harus mendapatkan izin terlebih dahulu untuk bisa masuk ke dalam kota tersebut. Jangan lupa mengunjungi kota berlian ini jika Anda sedang berlibur ke Namibia.










sumber: http://travel.detik.com/read/2012/02/15/164701/1843363/1025/5/kolmanskop-kota-mati-di-padang-pasir-namibia#topart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM