Selasa, 06 Desember 2011

Sejarah Payung


Tahukah kamu dulu payung hanya digunakan untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari dan terbuat dari kertas tebal? Payung untuk pelindung hujan baru dikenal luas setelah masyarakat Cina melapisi payung dengan lilin.
          Masyarakat Eropa sendiri menyebut payung dengan umbrella (dari kata Yunani umbra  yaitu bayangan) di abad ke-16. Semula hanya perempuan Eropa yang menggunakannya. Setelah seorang penulis berkebangsaan Persia, Jonas Hanway (1712 - 1786) berkeliling Eropa membawa payung, para lelaki Eropa ikut menggunakannya dan menyebut payung dengan hanway.
          Tahun 1830 toko payung pertama, James Smith & Son, berdiri. Hingga kini toko itu bisa ditemui di 53 New Oxford Street, London, Inggris. Dulu kerangka payung dibuat dari kayu atau tulang ikan paus dengan kanopi dari kain alpaka dan kanvas yang diminyaki dan pegangan dari kayu hitam yang menarik. Itu sebabnya, pengrajin payung mendapatkan bayaran sangat tinggi.
          Baru pada tahun 1852, Samuel Fox menciptakan kerangka payung dari baja. Seabad kemudian teknologi payung berkembang dan terciptalah payung praktis yang bisa dilipat dan masuk ke dalam tas Anda.

sumber: chiz mgz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM