Jumat, 20 Juli 2012

Siapakah Penulis Novel pertama Di Dunia?


Penulis novel pertama di dunia adalah seorang perempuan bangsawan Jepang bernama Murasaki Shikibu yang menulis novel panjang pertama di dunia berjudul Kisah si Genji. Kisahnya sendiri menceritakan tentang seorang pangeran yang mencari cinta dan kebijaksanaan. Versi terjemahan bahasa Inggrisnya mencakup 54 bab dan lebih dari 1000 halaman. Akhir tahun 1500an, gerakan anti romantisme merebak dan para tokoh antagonispun menjadi tokoh utama dalam kisah-kisah di era ini. Novel pertama dalam genre ini adalah Life of Lazarillo de Tormes yang ditulis pada tahun 1554 oleh seorang penulis yang tak dikenal, yang mengisahkan perjalanan hidup seorang anak miskin mencapai suksesnya melalui cara menipu.

Murasaki Shikibu (lahir 973 – meninggal 1014? atau 1025?) adalah novelis dan penyair Jepang, sekaligus dayang di istana kekaisaran pada zaman Heian. Ia dikenal sebagai penulis Hikayat Genji yang ditulis dalam bahasa Jepang kira-kira antara tahun 1000 dan 1012.


Murasaki Shikibu adalah nama pena, nama aslinya tidak diketahui. Beberapa sejarawan memperkirakan bahwa nama aslinya adalah Fujiwara Takako, seperti tertulis dalam nama pelayan istana dengan pangkat shōji pada tanggal 29 bulan 1 tahun 4 Kankō (19 Februari 1007) menurut Midō Kampaku Ki, sebuah buku harian yang ditulis oleh Fujiwara no Michinaga, walaupun teori ini tidak banyak didukung oleh sejarawan lainnya. Dalam buku harian pribadinya yang berjudul Buku Harian Murasaki Shikibu, ia menulis bahwa nama panggilannya di istana adalah Murasaki, seperti nama tokoh dalam novel Hikayat Genji yang ditulisnya. "Shikibu" menunjuk kepada pangkat ayahnya di Biro Protokoler Istana (Shikibu-shō).


Penulis yang paling produktif juga perempuan, yaitu Barbara Cartland (1901-2000) yang menerbitkan lebih dari 1 juta kopi dalam 36 bahasa sekaligus membuatnya sebagai seorang novelis terlaris sepanjang masa. Rekor penjualan buku tercepat pun dipegang oleh perempuan yaitu JK Rowling lewat buku Harry Potter and the Deathly Hallows, buku ke-7 dan terakhir dari seri ini. Buku ini terjual 11 juta kopi dalam waktu kurang dari 24 jam.


http://www.serupedia.com/2012/07/siapakah-penulis-novel-pertama-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM