Jumat, 20 Juli 2012

Apakah Buah Simalakama Itu Benar-Benar Ada?



Pernah dengar pribahasa bagai makan buah simalakama yang memiliki arti seseorang yang terjebak dalam suatu keadaan yang serba salah, dimana kalau dia melakukan sesuatu pasti akan selalu menemui kesalahan.
Baik, Sekarang kita tidak akan membahas peribahas itu. Lalu Pertanyaan yang muncul adalah apakah buah Simalakama itu benar-benar ada?Bagaimana betuknya?. Nah ini pemeparan singkat serupedia tentang buah simalakama.

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah "ada". Buah ini adalah tanaman asli Indonesia dengan nama latin Phaleria Macrocarpa atau Phaleria Papuana. Buah yang pertama kali ditemukan di Papua ini ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam buah ini diantaranya adalah alkaloid, terpenoid, saponim, flavonoid, lignan danresin yang punya khasiat sebagai anti alergi (antihistamin), antioksidan, anti kanker dan juga sintosinon (memudahkan pada saat kelahiran).


Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, daging dan kulit buahnya. Buah yang belakangan ini lebih dikenal dengan nama Mahkota Dewa bentuknya sendiri bulat sebesar sawo dan berwarna hijau kemerahan. Istilah ibarat memakan buah simalakama sendiri mungkin timbul karena buah ini beracun jika dimakan langsung tanpa dikeringkan terlebih dahulu.



http://www.serupedia.com/2012/07/apakah-buah-simalakama-itu-benar-benar.html


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM