Jumat, 24 Agustus 2012

THE NEW ADVENTURES OF CHOR LAU HEUNG (Pendekar Harum) 1984




Nah sekarang aku mau bahas salah satu serial silat jadul yang sampai sekarang masih aku ingat & baru saja aku tonton lagi yaitu The New Adventure of Chor Lau Heung ( Chu Lu Xiang aka. Pendekar Harum ) versi 1984 yang dibintangi oleh Michael Miu ( Miu Kiu Wai ) dan almh.Barbara Yung ( Yung Mei Ling ).


Dua nama ini pasti sudah tidak asing lagi untuk angkatan 70 an hehehehe karena mereka berdua termasuk salah satu aktor & aktris utama di serial Legend of Condor Heroes alias Pendekar Memanah burung Rajawali yang booming di tahun 80 an ^ ^ pasti masih pada inget donk ama pasangan Kwee Cheng & Oey Yong yang legendaris itu.


Di serial The New Adventure of Chor Lau Heung ( Chu Lu Xiang aka. Pendekar Harum ) -1984- diceritakan tentang petualangan Chor Lau Heung (Michael Miu) beserta 3 teman wanitanya yaitu Su Rong Rong, Li Hong Xiu dan Song Tian Er yang mengunjungi & menyelamati sobat baik Chor Lau Heung yang berulang tahun. Dalam perjalanan mereka bertemu seorang gadis misterius bernama Sang Xiao Jing (Barbara Yung) yang nantinya memikat hati Chor Lau Heung. Maka dimulailah petualangan mereka berlima hingga terlibat perselisihan 2 keluarga yang berakhir tragis dan hilangnya sebuah pedang pusaka, dilanjutkan dengan penculikan Sang Xiao Jing oleh keluarga Jin (salah satu abdi kerajaan), hingga pembunuhan tokoh2 dunia persilatan yang memfitnah Chor Lau Heung sebagai sang pembunuh misterius dan pertemuan tokoh2 dunia persilatan di Wisma Yuan Sun Yi ( Simon Yam ). Berbagai masalah dan rencana2 licik dirancang musuh untuk menjegal mereka. Dan semuanya ini ternyata didalangi oleh perkumpulan misterius yang menamakan diri Istana Kelelawar, diketuai oleh Pangeran Kelelawar yang menutupi wajahnya dengan cadar hitam. 

Kondisi kerajaan yang sedang terjadi kemelut perebutan tahta menjadi ajang pertempuran antara dunia persilatan dan Istana Kelelawar sekaligus berhubungan dengan pembrontakan yang terjadi di istana dimana Pangeran ke Empat mencoba kudeta dengan menggulingkan Kaisar sekarang.

Semakin ke belakang, tiap episode bertambah makin seru dan membuat penontonnya bertanya2 dan mulai menerka kejadian sebelumnya untuk menyusun cerita hingga klimaksnya adalah pertempuran antara Chor Lau Heung dan Pangeran Kelelawar.

Selain Chor Lau Heung ada tokoh lain yang menarik perhatianku yaitu para sahabat Chor Lau Heung, Hu Tien Hua ( lupa nama aktornya ^ ^ ) dan Yi Duan Shan Dong ( Austin Wai ). Dengan sifat dan tingkah polah yang berlawanan, mereka bertiga bisa menjadi sahabat baik… sepertinya justru karena saling melengkapi mereka bisa jadi sahabat ya… so swiitt…

Chor Lau Heung di adaptasi dari salah satu novel laris karya Gu Long yang menceritakan seorang pendekar yang berbudi / perampok budiman berwajah tampan yang membagikan hasil rampokannya kepada kaum miskin. Dalam serial tahun 1984 ini tokoh Sang Xiao Jing ( Barbara Yung ) dan Yuan Sun Yi ( Simon Yap ) tidak ada dalam novel aslinya.

Namun dibandingan dengan original version nya pertama kali tahun 1979 yang dibintangi Adam Cheng yang mengadaptasi novel aslinya kemudian versi 2001 yang dibintangi Richie Ren dan versi 2008 yang dibintangi Ken Zhu, aku lebih menyukai Chor Lau Heung yg diperankan oleh Michael Miu ini ^ ^ lebih terpatri di ingatan lah istilahnya…. Kenapa ?
Alasannya, Michael Miu lebih cocok dan dapat membawakan peran Chor Lau Heung dengan baik. Tipe perampok baik hati namun playboy, tampan & flamboyan, modis, cerdik, dan tangkas dapat diperlihatkan Michael Miu dengan baik. Perubahan akting sedih, marah dan gembira terlihat dengan jelas sehingga membawa emosi penonton untuk ikut merasakan sedih, marah dan gembira.

Hanya sayang VCD yang kumiliki adalah versi TVB yang sudah di cut disana sini untuk mengurangi jumlah total episode keseluruhan serial. Jadi terkadang ada scene menggantung yang bikin penasaran dan gregetan menontonnya. Tapi apa daya, ini serial termasuk langka ( ya iyalah tahun 1984 gitu loh !!! dicari di era 2008 hihihihihi ) dan susah mendapatkannya jadi ga bisa banyak protes =( masih untung subtitle nya Indonesia… abis percakapannya pake bahasa Kanton yang notabene asli engga ngerti sepatah katapun =)) -bahasa Mandarin aja bengong apalagi bahasa Kanton- dan yang jelas ke inget jaman kecil dulu pun aku nontonnya masih pake kaset video Betamax gitu… wuih gileee jaman purba banget kaya nya.
Producer: TVB
Number of episodes: 40
Cast:
Michael Miu as Chu Liuxiang/Chor Lau Heung
Barbara Yung as Sang Xiaojing
Chan Wingchun as Hu Tiehua
Simon Yam as Yuan Siuyun

sumber: http://dwieyongji.blogspot.com/2012/02/new-adventure-of-chor-lau-heung-chu-lu.html#more
Note: sedikit bernostalgia saat menemukan dan memposting synopsis beberapa film silat mandarin favorit (dewi marlaina) ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
THANKS FOR VISITING DEWIMARLAINA.BLOGSPOT.COM